Pengertian Teks Cerita Fantasi, Jenis, Unsur, Struktur dan Contohnya

Salah satu teks cerita yang banyak digemari pembaca adalah teks cerita fantasi, yaitu sebuah cerita fiksi yang berisi khayalan atau imajinasi sang pengarang.

Sebagai pelajar mungkin di kelas-kelas sebelumnya seperti SMP, kita sering mendengar cerita-cerita fantasi yang dibacakan oleh teman atau guru, bukan?. Namun, bagi sebagian orang ada yang masih kurang atau belum tahu apa sih yang dimaksud dengan teks cerita fantasi atau cerita fiksi itu?.
Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Jenis, Unsur, Struktur dan Contohnya

Nah sesuai dengan judul artikel, buat sobat pelajar yang sedang mencari tahu pengertian cerita fantasi enggak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat dan sejelas mungkin pengertian teks cerita fantasi, unsur-unsur cerita fantasi, dan struktur cerita fantasi.
Nah, seperti apa penjelasannya? Berikut ini pembahasannya...

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Sesuai dengan yang telah saya tuliskan di awal artikel diatas ini, bahwa Cerita Fantasi adalah sebuah cerita fiksi yang isinya berupa khayalan atau imajinasi yang dikembangkan oleh sang pengarang cerita itu sendiri. Disebut cerita fantasi atau fiksi karena peristiwa yang ada dalam cerita tidak pernah terjadi di kehidupan atau dunia nyata.

Teks cerita fantasi bertujuan untuk membuat para pembaca ikut masuk kedalam dunia khayalan atau imajinasi dari si pengarang cerita. Sehingga para pembaca juga ikut untuk mengembangkan imajinasinya sendiri.

Contoh Cerita Fantasi

Berikut ini contoh teks cerita fantasi singkat.
Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Jenis, Unsur, Struktur dan Contohnya

Sepasang Saudara Penyihir


Pada suatu hari ada sebuah desa yang sangat tenteram dan damai, dimana hiduplah sepasang saudara yang memiliki kekuatan sihir.

Mereka yang bernama Semak dan Blukar dan merupakan seorang saudara, namun keduanya memiliki sifat dan watak yang jauh berbeda.

Semak memiliki sifat yang begitu sangat sombong dan juga angkuh, sedangkan Blukar merupakan seorang penyihir yang sangat rendah dan baik hati.

Semak memiliki ilmu kesaktian sihir yang jauh jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh adiknya yakni Blukar dan tak jarang kakaknya selalu memamerkannya.

Blukar selalu memberikan nasehat dan selalu mengingatkan kepada Semak agar ia jangan selalu memamerkan segala kekuatannya yang dimilikinya kepada orang dan juga tidak selalu menggunakan ilmu sihirnya dengan sembarangan.

Namun sayangnya Semak selalu saja membantah dan mengelak serta mengatakan kepada Blukar bahwa ia dianggap iri akan kemampuan yang lebih yang dimilikinya.

Namun nampaknya sikap dari Semak tersebut semakin hari semakin menjadi-jadi. Dimana semua barang yang ada di sekitarnya semuanya diubah menjadi batu, terutama pada binatang ternak yang dimiliki oleh keluarganya.

Blukar tidak pernah bosan untuk selalu memberikan nasehat terhadap sang kakak , namun sayangnya Semak masih saja keras kepala dan tak pernah mau menanggapi dan mendengarkan ucapan adiknya.

Bahkan ia semakin terus menganggap bahwa dirinya lah yang sangat kuat dan lebih hebat sebab ia mampu mengubah apapun saja yang ada di sekitarnya menjadi batu.

Namun ada salah satu benda yang belum pernah ia coba untuk dirubah yakni adalah cermin. Hingga kemudian Semak ingin mencoba dan kemudian ia membacakan sebuah mantra untuk mengubah cermin tersebut agar dapat menjadi batu namun sayangnya manteranya justru malah berbalik kearahnya.

Dimana Mantera tersebut justru malah memantul ke arahnya sehingga mengenai dirinya sendiri.

Hingga akhirnya Semak pun berubah menjadi batu sebab terkena manteranya sendiri.

Kemudian menyaksikan keadaan tersebut, kemudian Blukar pun langsung pergi meninggalkan kakaknya untuk memberitahukan kepada guru sihirnya dan memohonkan bantuan kepada gurunya agar gurunya bisa mematahkan mantra sihir tersebut.

Namun ternyata sang guru pun tidak sanggup untuk menolong sebab menurutnya mantra tersebut bersifat abadi dan hanya dapat diubah oleh orang yang membacakan mantera tersebut.

Hingga pada akhirnya Semak selamanya menjadi batu sebab sudah tidak ada yang mampu melawan dari sihirnya sendiri.

Sumber: contohsoal.co.id

Unsur-unsur Cerita Fantasi

Cerita fantasi memiliki beberapa unsur yang harus ada di dalam sebuah teks cerita fantasi. Kerena jika cerita yang dibuat tidak terdiri dari unsur-unsur yang ada, maka teks cerita tersebut bukanlah sebuah cerita fantasi. Oleh karena itu, berikut ini beberapa unsur-unsur cerita fantasi.

  1. Tema
    Tema adalah pokok atau topik masalah yang diceritakan
  2. Tokoh
    Tokoh merupakan pelaku atau pemeran dalam sebuah cerita
  3. Penokohan
    Penokohan yaitu pemberian watak atau sifat kepada setiap pelaku/tokoh dalam cerita. Watak tokoh dalam cerita dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
    • Tokoh yang sifatnya baik (protagonis)
    • Tokoh yang sifatnya buruk (antagonis)
    • Tokoh yang sifatnya biasa baik atau bisa buruk (tritagonis)
  4. Alur Cerita
    Terdapat 3 alur cerita yaitu sebagai berikut:
    • Alur maju, yaitu alur yang apa bila ceritanya berkembang secara kronologis menurut waktu kejadian. Ciri ciri teksnya, yaitu pelaku dalam cerita tidak pernah membayangkan masa lalunya.
    • Alur mundur, yaitu alur yang apa bila ceritanya berkembang menurut kejadian masa lalu. Ciri ciri teksnya, pelaku hanya membayangkan masa lalunya.
    • Alur gabungan (maju dan mundur)
  5. Latar
    Latar dalam cerita berupa waktu, tempat, dan suasana yang diceritakan
  6. Sudut Pandang
    Sudut pandang adalah cara pengarang memposisikan pelaku/tokoh dalam cerita. Tokoh dalam cerita itu menggunakan kata ganti orang pertama atau ketiga. Yang dimaksud orang pertama adalah "saya" dan "kami" yang dimaksud dengan orang ketiga adalah "dia", "mereka" atau Nama Orang (Feri, Rima, Ali. dsb).
  7. Amanat
    Amanat merupakan unsur cerita yang biasanya diletakkan pada bagian akhir cerita dan berisi amanat/nasihat

Jenis-Jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi atau cerita fiksi dibedakan menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut:
  • Cerita Fantasi Total
    Cerita fantasi total adalah cerita fantasi yang seluruh isi ceritanya hanya imajinasi saja atau tidak ada satu pun peristiwa dalam cerita yang benar-benar terjadi di dunia nyata.
  • Cerita Fantasi Irisan
    Cerita fantasi irisan yaitu cerita fantasi yang sebagian isi ceritanya terjadi didunia nyata dan sebagian tidak nyata.
  • Cerita Fantasi Sezaman
    Cerita fantasi sezaman yaitu cerita fantasi yang isi hanya menceritakan di satu latar atau waktu saja, seperti cerita di masa kini, masa lalu, zaman belanda, zaman SD dan sebagainya
  • Cerita Fantasi Lintas Waktu
    Cerita fantasi lintas waktu yaitu cerita fantasi yang isinya menceritakan dua latar waktu yang berbeda, seperti cerita fantasi zaman belanda dengan zaman jepang, masa SD dengan masa SMP. dan lain sebagainya. Cerita fantasi lintas waktu juga biasa disebut dengan cerita fantasi lintas zaman.

Struktur Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki 4 struktur yaitu, ada 3 struktur yang wajib ada dan 1 tambahan (boleh ada boleh tidak). Apa sajakah struktur teks cerita fantasi?
  • Orientasi
    Orientasi adalah bagian awal dari sebuah teks cerita fantasi yang berupa perkenalan dengan tokoh, latar dan sifatnya.
  • Komplikasi
    Komplikasi merupakan bagian teks cerita fantasi yang berisi pertentangan, pertikaian atau permasalahan yang terjadi di antara tokoh/pelaku. Komplikasi dalam cerita dibedakan menjadi 2, yaitu Komplik lahir dan Komplik batin. Komplik lahir adalah konflik dengan fisik (anggota badan), sedangkan komplik batin adalah konflik dengan kejiwaan, pendapat atau keinginan.
  • Resolusi
    Resolusi adalah bagian penyelesaian dari masalah yang ada di dalam teks cerita fantasi. Masalah dalam cerita baru dapat dikatakan selesai apa bila semua tokoh/pelaku sudah menerima nasibnya masing masing. Sebagai contoh resolusi dalam cerita fantasi, yaitu pelaku protagonis (tokoh watak baik) merasa senang dan bahagia, sedangkan pelaku antagonis mendapat hukuman atau hidup sensara.

Penutupan

Nah, jadi seperti itulah pengertian teks cerita fantasi, contoh cerita fantasi, unsur-unsur cerita fantasi, jenis-jenis cerita fantasi, dan struktur teks cerita fantasi yang biasa saya jelaskan. Bagaimana lengkap, bukan?

Nah, berdasarkan penjelasan diatas saya rasa sobat pelajar sudah tidak bingung lagi tentang jika muncul pertanyaan seperti:
Apa yang dimaksud dengan teks cerita fantasi?
Saya rasa pertanyaan diatas sudah bisa sobat jawab dengan sangat cepat.

Oke, mungkin cukup sekian artikel bahasa indonesia kali ini. Semoga pembahasan yang saya bagikan kali ini dapat bermanfaat dan nantikan artikel berikutnya dari Otak Website.

Saya admin, terima kasih atas kunjungannya, salam anak bangsa!

2 Responses to "Pengertian Teks Cerita Fantasi, Jenis, Unsur, Struktur dan Contohnya"

  1. What is the meaning of the tusk? - Tioga Art
    A tusk ford edge titanium 2021 is a type of titanium 3d printing decorative tool used by an 2014 ford focus titanium hatchback animal or a titanium road bike person who is titanium white octane blueprint often in danger. This is commonly believed to have been used in many other

    ReplyDelete
Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel