3 Langkah Menyimpulkan Isi Berita Dengan Baik dan Benar

Hai Sahabat, selamat tahun baru dan  apa kabar hari ini? Semoga baik dan sehat.

Balik lagi di blog Otak Website. Pada kesempatan kali ini admin akan membegikan sebuah artikel untuk Anda para pelajar yang cerdas yaitu, artikel mengenai pelajaran B. Indonesia.

Sesuia dengan judul artikel yang tertera di atas, artikel B. Indonesia kali ini yaitu, 3 Langkah menyimpulkan isi berita dengan baik dan benar. Seperti apa 3 cara tersebut?

Sebelum lanjut ke topik pembahasan, saya sebagai admin mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah mengkilk artikel ini di halaman beranda Google. Karna klik dari Anda lah yang membuat blog OW (Otak Website) menjadi semakin berkembang.

Oke. Mari kita lanjut ke topik pembahasannya.
Jadi untuk mengetahui 3 cara yang saya maksudsilahkan baca dengan cermat artikel berikut ini.

Penjelasan Berita

Sebelum Anda menyimpulkan sebuah berita yang dibacakan atau di dengar melalui televisi, radio maupun media lainnya seperti surat kabar, Anda harus memahamin berita yang ingin anda simpulkan.

Jadi bagamana cara memahai sebuah berita? Barikut ini langkah-langkahnya.
Apakah berita itu?
Berita merupakan cerita atau keterangan mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang hangat. Kita dapat mendengarkan berita dari televisi atau radio. kita juga dapat membaca berita dari koran maupun majalah.


Mendengarkan berita yang panjang dibacakan dengan cepat kadang membuat kita kesulitan mengingat keseluruhan ipin berita yang dibacakan oleh seseorang. Agar hal tersebut tidak terjadi, simpulkanlah isi berita dengan kalimatmu sendiri. Bagaimana caranya?

Menyimpulkan Isi Berita dengan Baik dan Benar

Mungkin dari tadi sahabat bertanya-tanya seperti berikut:
Bagaimanakah cara menyimpulkan berita dengan baik dan benar?
Untuk menyimpulkan isi berita dengan baik sangatlah mudah, kamu dapat melakukannya dengan 3 langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Memahami isi berita.
  2. Mencatat pokok-pokok berita.
  3. Menyusun kembali pokok-pokok berita menjadi kalimat yang utuh.

Cara Menyimpulkan Isi Berita Dengan 3 langkah di Atas

Berikut ini contoh cara menyimpulkan berita dengan menggunakan 3 langkah di atas secara  satu persatu.
  •  Memahami isi berita.
  •  Mencatat pokok-pokok berita.
Lakukan 2 langkah diatas sambil membaca isi berita di bawah ini.

Contoh Berita
Selamat pagi pemirsa.
    Berita kali ini mengenai bidang komunikasi.

    Dunia penerbangan di tanah air masih banyak menemui permasalahan, terutama soal sumber daya manusia. Seperti halnya yang dialami di bandar udara mulia, Puncak jaya, Papua. Sudah lebih dari 6 bulan, menara komunikasi di bandara tersebut tidak berfungsi karena tidak adanya petugas yang bisa mengoperasikan nya. Padahal hal itu sangat berpengaruh pada faktor keselamatan pesawat yang hendak mendarat atau lepas landas di bandara tersebut.


    Tidak berfungsinya menara komunikasi tersebut diakibatkan tidak adanya kepala bandara sebagai penanggung jawab. Selain itu, karena tidak adanya petugas yang disiapkan untuk menangani sarana tersebut. Kondisi tersebut diperparah dengan area bandara yang tidak terurus, sehingga masyarakat sering melintas bebas di bandara, termasuk kendaraan roda dua yang bebas keluar masuk. Padahal pesawat yang mendarat di bandara mulia ini mencapai 4 hingga 5 pesawat setiap harinya.

    Beberapa pilot, seperti pilot Susi Air, Bobword, juga mengakui potensi ancaman keselamatan penerbangan akibat kondisi tersebut. Oleh karena itu, ia berharap direktorat jenderal perhubungan udara bisa segera memfungsikan kembali menara bandara mulia, sehingga kecelakaan pesawat di medan yang sulit itu bisa terhindari.

    Demikianlah berita kali ini.
    Selamat pagi.

Setelah membaca sambil memahami dan mencatat pokok isi berita di atas. Selanjutnya, berlanjut ke langkah ke-3 berikutnya, yaitu.
  • Menyusun kembali pokok-pokok berita menjadi kalimat yang utuh.
Lakukan langkah di atas sebagai langkah terakhir untuk menyimpulkan berita seperti di bawah ini.

Hasil Kesimpulan Berita

    Dunia penerbangan di tanah air masih banyak menemui permasalahan, terutama tentang sumber daya manusia, dan tidak adanya kepala bandara yang bisa bertanggung jawab untuk mengatur menara.

    Sehingga hal tersebut membuat pilot susi air dan bobword berharap jenderal perhubungan udara bisa segera memfungsikan menara bandara mulia.

Itulah di atas contoh hasil kesimpulan berita penerbangan yang ada di diatas yang dilakukan dengan 3 langkah.

Akhir Kata

Oke,  begitulah langkah-langkah dan cara menyimpulkan isi berita yang dibacakan oleh seseorang, semoga Anda sudah paham dan tahu cara meyimpulkan isi berita dengan baik dan benar.
Bagaimana dengan 3 langkah meyimpulkan isi berita dengan baik dan benar di atas, mudah bukan?
Sekian Tips B. Indonesia dari saya semoga bermanfaat untuk Anda dan orang lain :)

Jangan lupa untuk memasukkan alamat email Anda pada kotak langganan di bawah ini, agar Anda senantiasa menjadi orang pertama yang mendapatkan informasi terbaru di blog ini.

Terima kasih
Salam kreatif!


0 Response to "3 Langkah Menyimpulkan Isi Berita Dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel