Antarmuka Blogger Klasik Akan Diganti ke Blogger Baru Permanen

Otak Website - Pada bulan Juni 2020 pihak Blogger (Google) akan mengganti tampilan antarmuka Blogger Klasik ke antarmuka Blogger baru kepada semua pengguna.

antarmuka Blogger baru akan menjadi default untuk semua pengguna.

Hal ini berdasarkan pemberitahuan yang dikirimkan oleh pihak Blogger kepada seluruh pengguna pada bulan Mei 2020. Dan isi pesannya ialah sebagai berikut:
In late June, the new Blogger interface will become the default for all users. The legacy interface will still be available as an option. We recommend trying the new interface by clicking 'Try the new Blogger' in the left-hand navigation. Please file any critical issues encountered. Read more.
Nah, berdasarkan pesan yang dikirimkan oleh Blogger diatas itu berarti blogger sudah siap untuk memberhentikan layanan blogger klasik dan menggantinya secara permanen di Blogger terbaru.

Kapan Pembaruan Dimulai?

Nah pembaruan dari antarmuka Blogger Klasik ke blogger terbaru sudah dilakukan olah pihak Blogger yaitu Google pada akhir Oktober 2019.

Pembaruan atau perombakan Blogger ini ditandai dengan adanya tombol tambahan di bagian menu blogger tepatnya di sudut kiri bawah bertuliskan "Coba Blogger Baru"

Apa perbedaan Antarmuka Blogger Klasik dengan Blogger Terbaru?

Membahas tentang perbedaan, sudah sangat jelas, bawah perbedaan antara blogger versi klasik dengan blogger versi terbaru dapat dilihat dari tampilan antarmukanya.

Menurut saya pribadi, tampilan antarmuka Blogger Terbaru memiliki tampilan yang cukup rumit dan tidak sesimpel dengan versi blogger klasik.

Namun yang menarik di Blogger Terbaru adalah tampilan Menu dan antarmuka yang Responsive (memiliki tampilan khusus mobile seluler) dan Mobile Friendly serta Resposif web.

Berikut ini beberapa perbedaan antara Blogger Klasik dengan Blogger Terbaru:

1. Postingan


Nah tampilan menu postingan pada blogger versi terbaru lebih keren dengan adanya thumbnail di setiap postingan, baik itu yang telah di upload maupun yang masih draft. 
Sedangkan, tampilan menu postingan pada Blogger Klasik memiliki tampilan yang cukup sederhana tanpa thumbnail di setiap postingan.

Di blogger terbaru menu Postingan juga memiliki beberapa fitur tambahan yang baru yakni Fitur pencarian di bagian atas. 

Fitur yg satu ini akan sangat bermanfaat buat kalian yang memiliki banyak postingan dan bisa langsung mengaksesnya melalui kolom pencarian dengan mengetik Judulnya.

2. Editor Postingan


Nah selanjutnya adalah antarmuka pada editor postingan. Nah ditampilan editor blogger yang terbaru ini bisa dibilang sangatlah banyak perubahan, misalnya bebarapa tambahan fitur pembuat tabel, mengedit link dan nama link dan masih banyak lagi. 

Dan menurut saya pribadi dengan adanya penambahan fitur pembuat tabel membuat saya sangat terbantu dalam menyajikan data dalam bentuk tabel

2. Statistik


Yang kedua tampilan pada menu statistik. Nah tampilan menu statistik di Blogger terbaru memiliki yang keren dengan adanya thumbnail di setiap statistik postingan. Dan memiliki fitur yang khusus menampilkan Postingan Terbaru di Blog/website.

3. Komentar


Selanjutnya tampilan pada menu Komentar. Nah tampilan pada Menu komentar pada blogger terbaru juga memiliki perubahan yang sangat berbeda dengan tampilan pada blogger versi klasik. 

Di menu komentar yang baru para pengguna (Admin) blog sudah bisa melihat langsung foto profil yang setiap orang yang telah berkomentar tanpa perlu mengecek postingan tersebut.

4. Pendapat/Penghasilan


Nah, tampilan menu pada blogger terbaru sampai saat ini belum di ubah dan masih dalam tampilan blogger klasik

5. Halaman


Untuk tampilan Menu halaman di blogger terbaru tidak lah berbeda jauh dengan menu Postingan yaitu, setiap halaman juga memiliki thumbnail masing-masing.

Sama dengan menu Postingan yang baru, Menu halaman yang baru juga dilengkapi dengan fitur pencarian dibagian atas yang berfungsi untuk mengakses dengan cepat halaman tertentu jika halaman blog ada banyak.

4. Tata Letak


Tampilan Menu tata letak pada blogger terbaru memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan tampilan pada blogger klasik yang membedakan hanyalah kata "Lihat Blog" setelah melakukan perubahan tata Letak seudah berada di bagian bawah.

5. Tema


Selanjutnya tampilan Menu Tema/Template pada Blogger Terbaru memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan Blogger Klasik.

Di blogger terbaru, pengguna sudah tidak bisa melihat demo/cuplikan template Desktop dan Seluler yang sedang digunakan di Blog.

Serta Fitur mengeditan "Edit HTML" sudah memiliki tampilan khusus mobile. Jadi para pengguna mobile seluler bila langsung mengedit kode HTML blog di Hp/Smartphone masing-masing.

6. Pengaturan


Nah yang terakhir menu Pengaturan. Nah di blogger terbaru tampilan Menu pengaturan semunya disusun dalam satu kolom. Jadi submenu yang biasa kita lihat disisi kiri saat membuka pengaturan sudah dihilangkan. Dan semua pengaturan sudah di gabungkan dalam satu kolom dan halaman.

Penutupan

Nah jadi saya kira seperti itulah pembahasan tentang Blogger Klasik yang akan diganti ke Blogger Terbaru yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini.

Semoga Blogger Terbaru bisa tetap nyaman di semua pengguna baik pemula maupun yang profesional.

Saya Feri Irawan, salam kreatif

0 Response to "Antarmuka Blogger Klasik Akan Diganti ke Blogger Baru Permanen"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat. Anda juga dapat meninggalkan pertanyaan atau saran.

Semua komentar dapat saya baca, namun tidak semuanya dapat saya balas. Mohon dimaklumi

Jika kolom komentar tidak tampil, silahkan ubah akhir URL m=1 menjadi m=0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel